Penjara Idaman Para Napi

Penjara Idaman Para Napi dan Tahanan

*** Budhy Pardiana
Jika kita Membayangkan penjara atau lembaga pemasyarakatan identik sekali dengan penjagaan yang sangat ketat, sipir yang galak dan peraturan pengamanan yang super maksimum. tapi didaerah utara Jawa barat, tepatnya dididaerah Palutungan, kabupaten Kuningan tidak seperti yang dibayangkan. penjara yang satu ini justru tidak seperti lembaga pemasyarakatan yang ada diindonesia pada umumnya.

Namanya Oven Camp, sebuah lembaga pemasyarakatn yang hanya dihuni oleh 3 napi dan 1 orang Sipir, letaknya tepat disamping bumi perkemahan palutungan dibawah kaki gunung Ciremai. lapas yang dibangun oleh pa Mardjiman, Dirjen Lembaga pemsyarakatan pada tahun 1988 ini khusus dihuni oleh para napi yang memiliki rekomendasi untuk pembebasan bersyarat. Jadi tidak sembarangan napi yang bisa menetap dilapas terbuka ini. ” semua napi ini berasal dari lapas kuningan. tapi tidak sembarang napi yang bisa ada disini, biasanya mereka yang berkelakuan baik dan sudah terdaftar dalam pembebasan bersyarat” ujar seorang sipir.

Rata-rata Napi yang tinggal disini masih memiliki sisa tahanan antar 3 sampai 1 tahun, hanya saja disini sangat berbeda dengan tempat asal mereka ditahan. Dipenjara ini tidak ada jeruji besi atau penjagan yang ketat, di oven camp yang memiliki lahan seluas 2 hektar ini mereka sangat bebas bergerak. hanya disini mereka dilatih bagaimana cara bercocok tanam dan mengurus sapi perah. dipagi sampai siang hari mereka membersihkan kandang sapi dan bercocok tanam, sedangkan sore harinya mereka  memeras sapi dan membersihkan kandangnya. sementara dimalam hari mereka diajarkan keagamaan.

kebanyakan para napi yang menghuni lapas terbuka ini mengaku sangat kerasan. Bahkan menurut salah seorang sipir, ada seorang napi yang menikahi warga kampung sekitar palutungan dan setelah dinyatakan bebas, napi tersebut membuka usah peternakan sapi perah dan kini sudah berhasil. tidak sedikit pula napi yang pernah tinggal disini, tidak mau pulang kerumah atau kampung halamannya setelah masa tahanannya berakhir.

Oven Camp ini merupakan penjara yang sangat di idamkan oleh para penghuni napi dan tahanan diseluruh di Jawa Barat. Selain keramahan petugas sipir, ditempat ini mereka bisa berbaur dengan masyarakat dan jauh dari kekerasan.

~ by timuran151 on August 7, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: