Perbedaan PAL dan NTSC

PERBEDAAN PAL DAN NTSC

NTSC adalah sistem televisi analog yang digunakan di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya, termasuk Amerika dan beberapa bagian Asia Timur. Namanya diambil dari National Television System(s) Committee, badan industri pembuat standar yang menciptakannya. NTSC dikembangkan pada tahun 1950, yang mendefinisikan standar video yang dibuat sampai 525 garis scan horizontal setiap 1/30 detik.

 

 PAL, kependekan dari phase-alternating line, phase alternation by line atau untuk phase alternation line (bahasa Indonesia: garis alternasi fase), adalah sebuah encoding berwarna digunakan dalam sistem televisi broadcast, digunakan di seluruh dunia kecuali di kebanyakan Amerika, beberapa di Asia Timur (yang menggunakan NTSC), sebagian Timur Tengah dan Eropa Timur, dan Prancis (yang menggunakan SECAM, walaupun kebanyakan dari mereka telah memulai proses menggunakan PAL). PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, yang bekerja di Telefunken, dan pertama kali diperkenalkan pada 1967.

 

 Catatan bahwa Thomson Prancis, di mana Henri de France mengembangkan SECAM, kemudian membeli Telefunken. Thomson juga berada di belakang merk RCA untuk produk elektronik konsumen, dan RCA menciptakan standar TV berwarna NTSC (sebelum Thomson terlibat).

 

 

 jadi intinya, perbedaan keduanya terdapat pada kualitas gambar yang ditampilkan, dan NTSC dengan PAL itu, gambar yang dihasilkan lebih baik yang NTSC…

materi referensi:

wikipedia.org

 my own think

 

PERBEDAAN VIDEO PAL DAN NTSC

Jika anda seorang video maker atau editor tentunya sudah sangat mengenai apa itu Pal dan NTSC tentu bagi anda sudah tidak asing lagi namun banyak dari pemula yang menanyakan kepada penulis mana yang baik atau lebih bagus.

 

Secara garis besar kedua nya punya kelebihan masih masing, terutama dari kamera, untu kamera pal misalnya  jumlah frame yang dapat di tangkap dalam 1 detik adalah 25 fps sedangkan NTSC mampu menangkap gambar hingga 29,97 atau kita bulatkan saja 30 fps. Dalam hal ini tentunya camera NTSC akan lebih bagus, terutama bagi editor karena akan sangat terlihat smooth apalagi jika effect slow motion di terapkan, Namun di sisi lain camera PAL mampu menangkap resolution yang lebih tinggi yaitu : 720×576 sedangkan untuk NTSC hanya 720×480 sehingga jika ingin di rubah ke photo akan lebih baik.

Untuk editor, karena untuk sebagian besar kawasan asia menggunakan PAL  maka jumlah camera Pal yang beredar di Indonesia pun lebih banyak, Namun perkembangan saat ini mulai mengikis batasan ini, karena hampir semua TV yang beredar di Indonesia sudah mengadopsi system otomatis atau mampun memainkan keduanya secara baik.

Begitu juga dengan pemutar kepingan CD atau pun DVD hamper semua yang beredar di pasaran saat ini juga sudah mampu memutar kedua format ini secara baik, Jadi sekarang tinggal kepada anda format mana yang akan di pilih,

Saran :

- Jika hardisk atau speed Computer yang anda punya sedikit usahakan bermain di format PAL karena waktu dan tempat akan lebih sedikit, namun untuk mereka yang punya space dan computer yang lebih tinggi usahakan memakai NTSC terutama jika anda mencampur beberapa photo kedalam video tersebut karena qualitas NTSC akan sangat terasa lebih baik.

- Usahakan sebisa mungkin merender editing anda kedalam tape kembali ini untuk menjaga Qualitas, tapi perlu di ingat perbedaan nya akan sangat sulit di bedakan,istilah nya ya…beda tipis…J

- Usahankan menggunaka software yang handal untuk hal render karena disini sangat menentukan bukankah anda tidak mau video yang anda edit sedemikian rupa berkurang qualitas nya ketika anda play di TV.

- Capturelah format sesuai dengan jenis format yang ada pada camera anda, untuk merubah nya gunakan software yang baik,

About these ads

~ by timuran151 on August 7, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: